Minggu, 08 Mei 2011

KALI PELUS

KALI PELUS


LEGENDA KALI PELUS - BANYUMAS






Jembatan Kali Pelus Sokaraja

http://wikimapia.org/#lat=-7.4574985&lon=109.2990471&z=13&l=0&m=m




Sokaraja dibelah oleh aliran sungai (Kali Pelus) tepat di tengah, yang memisahkan kota ini menjadi wilayah utara (Sokaraja lor kali) dan selatan (Sokaraja kidul kali). Desa Sokaraja Lor dan Sokaraja Wetan di sebelah utara Kali Pelus lebih bercorak pertanian daripada desa Sokaraja Kidul, Tengah dan Kulon di selatan yang lebih bercorak kota . Pusat industri dan perdagangannya memusat di sepanjang empat ruas protokol jalan yang menghubungkan Sokaraja dengan kota-kota lainnya dan wilayah pemukimannya berhimpitan tepat di belalakang jejeran toko/kios. Sementara, lahan persawahan membentuk lingkaran terluar yang mengelilingi kota Sokaraja di delapan penjuru mata angin.


Baturaden Adventure Forest - BAF
WISATA DI WILAYAH DESA LIMPAKUWUS







gambar di atas adalah Lokasi Wisata Telaga sunyi. Telaga sunyi berada di Kali pelus dengan Muara di Sungai Serayu. Wilayah Desa Limpakuwus membentang seluas 1.200 ha dari puncak Gn Slamet samppai perbatasan Desa Kotayasa. Pangkuan Desa Limpakuwus adalah Perum Perhutani Banyumas Barat, dan BBPTU Baturraden ( BPTU-HMT )


 


Baturaden Adventure Forest - BAF

Petualangan Seru di Lereng Gunung Slamet


Berdiri tinggi di atas pohon, tangan menggenggam tali, siap mau meloncat ala Tarzan. Tidak semua berani melompat, duduk di atas pelataran sambil mengumpulkan keberanian untuk bergelayut di tali untuk kemudian melayang menangkap jaring tinggi jauh dari tanah Yang berani meloncat dengan terdiam. Atau kebalikannya, berteriak keras memompa keberanian. Tali kekang berkekuatan beban kejut sampai dua ton aman berada di tubuh pelompat. Jika pegangan lepas, tubuh akan tergantung pada tali. Staf Baturraden Adventure Forest  atau BAF akan membantu agar bisa meraih jaring.

Loncat ala Tarzan si manusia kera, menjadi salah satu challenge dari TreeTrek Adventure atau rangkaian jalur high rope course yang terdapat di BAF. Setiap course atau jalur terdiri dari beberapa challenges, diantaranya: elvis walk, burma bridge, nepalese bridge, dan lain-lain.
Adventure di ketinggian sedang menjadi tren, bukan saja di Indonesia. Negara tetangga terdekat seperti Singapura juga memiliki Adventure Forest yang menyajikan halang rintang di ketinggian.
Berbeda dengan lainnya, Baturraden Adventure Forest yang berada di kaki Gunung Slamet (3.428 mdpl) mengkombinasikan keindahan alam dengan Adventure. Juga menyediakan arena berkemah lengkap. Pengunjung datang hanya berbekal pakaian ganti ala menginap di hotel. Kantin dua lantai dengan kapasitas total 120 orang juga tersedia dengan bangunan dari bambu yang ramah lingkungan.
Bagi mereka yang tidak suka bergelayut di antara pohon, Bungee Trampoline Adventure bisa mengasah kelincahan berloncat ke udara. Untuk yang tidak hobi ketinggian, Water Adventure bisa menjadi pilihan. River Boarding menyusur Sungai Pelus sepanjang 150 meter dengan kondisi sungai bersuhu dingin dan lokasi ketinggian sekitar 750 meter dari permukaan laut; berenang di kolam sungai atau berjemur di antara bebatuan sungai. Puas menikmati Water Adventure, untuk berbilas BAF menyediakan shower dan toilet higienis.
Forest Trek Adventure atau rute hiking bisa jadi pilihan dengan variasi jalur yang mulai dari 45 menit hingga dua jam. Berjalan berkeliling kawasan hutan produksi seluas 47 hektare.  Atau jika malas berjalan, bisa bersepeda di jalur downhill untuk  mountain bike, asyik tidak perlu banyak kayuh, cukup erat menggengam tuas rem.
Jalur Canyoning Adventure di sungai Pelus sedang dikembangkan di BAF. Jika ingin tahu apa canyoning bisa mencoba abseil atau turun meniti tali di air terjun Lawang yang membentuk dua lubang tembus batuan. Turun langsung berenang di kolam air terjun. Bisa juga menuruni  air terjun Moprok setinggi 60 meter. Canyoning adalah menyusuri jurang sungai dengan halangan terbesar adalah air terjun.
Setiap bangunan di BAF dibuat memakai bahan bambu yang mudah digantikan di alam. Fasilitas tempat sampah dibagi menjadi organik dan non-organik. Dan perbandingan minim kawasan terbangun dengan hutan, yang baru dua persen dari rencana 10%, menempatkan BAF menjadi kawasan penyerap karbon dioksida dibandingkan emisi akibat aktivitas yang berlangsung. Pengelolaan yang didasari prinsip ramah lingkungan, menjadi landasan dunia petualangan di sana.
BAF mengantar awam menuju dunia petualangan. Mengumpulkan keberanian untuk menjalankan niat melintasi tantangan tebing tegak, sungai deras, pohon tinggi. Menikmati keindahan hutan dan lembah.
BAGAIMANA MENCAPAI BAF?
Kota terdekat dari BAF adalah Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Kota di tengah provinsi ini memiliki keuntungan pada jalur kereta api. Kereta dari Surabaya, Malang, Solo, Jogya yang pulang balik ke Jakarta melewati Purwokerto. Dalam sehari terdapat enam kereta bergerbong eksekutif (Purwojaya, Taksaka, Gajayana, Bima, Argo Lawu, dan Argo Dwipangga) harga  Rp150.000,- hingga Rp 350.000,-.
Dari stasiun kereta menuju BAF hanya diperlukan setengah jam. Jaraknya 20 Km, lalu lintasnya lengang. Ongkos taksi hingga ke BAF sekitar Rp 50.000,-
Jika berkendaraan sendiri, cukup menuju Baturraden dan mengarah ke timur sejauh tiga kilometer dari parkiran di kawasan Wisata Baturraden. Ikuti jalur menuju Wanawisata Perhutani, Hotel Surya, Hotel Queen Garden, Hening Griya, BPPTU, Taurus. BAF berada di lembah sungai Pelus antara Taurus dan objek wisata Telaga Sunyi. Semua memiliki papan nama dan panah petunjuk yang mudah dilihat pengemudi.
BERAPA BIAYA?
Memasuki kawasan BAF dipungut karcis masuk Rp15.000,- (anak), Rp20.000,-(dewasa), bebas berenang. TreeTrek Adventure Rp75.000,- (dewasa), dan Rp50.000,- (anak). Tiket Bungee Trampoline Adventure Rp20.000,- (dewasa), Rp10.000,- (anak). Harga untuk hari biasa lebih murah. Jika mengambil paket akan jauh lebih murah lagi. Paket sudah termasuk makan siang.


Baturaden Adventure Forest - BAF

Baturaden Adventure Forest near Telaga Sunyi


Baturaden Adventure Forest - BAF


X-Plus Camp, Baturraden Adventure Forest


Baturraden Adventure Forest hiking track


Mount Slamet from Baturraden Adventure Forest viewing area



 Baturaden Adventure Forest - BAF



 Baturaden Adventure Forest - BAF




Baturaden Adventure Forest - BAF

WATER ADVENTURE

River Boarding adalah salah satu bentuk Water Adventure yang ada di BAF. Dengan perlengkapan yang aman, mulai dari helm sampai padding, Anda akan dibawa oleh arus Sungai Pelus untuk meluncur dari ketinggian sekitar 700 m dpl (dari permukaan laut) sejauh 150 meter dengan kondisi sungai bersuhu dingin, jeram berkelok-kelok di antara batu-batu kali, dan berujung  di kolam alami  sebening kaca.

Lelah melakukan River Boarding, Anda bisa bersantai di kolam alami, berenang, atau berjemur di bebatuan alam, menikmati BAF dari sudut yang berbeda.

Anda dapat juga merasakan kerasnya terpaan air terjun  di Telaga Bening dan Telaga Putri, dua telaga kecil di  BAF yang dihiasi air terjun (curug) yang indah. Berenang di telaga–telaga yang cukup dalam tersebut memberikan sensasi istimewa.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar