Selasa, 10 Mei 2011

MANFAAT SIDHAT 1

MANFAAT SIDHAT 1


Omega 3 Kurangi Risiko Alzheimer

Memang sejauh ini belum ada penelitian atau ahli yang bisa inemastikan penyebab utama penyakit kepikunan atau alzheimer. Namun, beberapa peneliti berkesimpulan, risiko terkena alzheimer bisa dikurangi jika di dalam tubuh terdapat Omega 3 dalam jumlah cukup. Omega 3 ini dipercaya bisa meningkatkan fungsi mental, memori, dan konsentrasi.
Zat yang banyak terdapat pada lemak ikan ini juga terbukti sukses mengobati depresi, gejala penyakit kejiwaan atau schizophrenia. Ikan memang merupakan sumber asam lemak Omega 3 alami, yaitu EPA dan DHA. Zat ini berfungsi mencegah aterosklerosis dan secara nyata menurunkan kadar trigliserida dalam darah dan kolesterol dalam hati dan jantung.
Kadar asam lemak Omega 3 dalam beberapa jenis ikan taut di perairan Indonesia antara 0,1 gram sampai 0,5 gram dalam per 100 gram ikan. Ini lebih tinggi ketimbang ikan di perairan Thailand, yang kadar Omega 3-nya hanya 0,084 gram per 200 gram.
Adapun ikan laut Indonesia yang kandungan asam lemak Omega 3 tinggi, yakni sekitar 10,9 gram per 100 gram adalah ikan Sidhat, terubuk (Tenualosa toli), tenggiri (Scomberomorus), kembung (Rastrelliger), layang (Decapterus), bawal (Bramidae), seren (Cyclocheilichthys apogon), slengseng/selikur (Scomber australasicus), tuna (Thunnus - Scombridae).  

Ikan Slengseng/Selikur (Scomber australasicus)
(Kontan/A.Syalaby Ichsan)
  http://health.kompas.com/read/2008/10/28/15434391/Omega.3.Kurangi.Risiko.Alzheimer


Salmon Bantu Cerdaskan Otak

Salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3, DHA dan juga EPA. Ketiganya sangat penting untuk membantu pertumbuhan dan fungsi otak. EPA (Eicosapentaenoic acid) diyakini memainkan peran penting dalam pencegahan penyakit jantung, sedangkan DHA (docosahezaenoic acid) diperlukan untuk perkembangan otak dan syaraf.

Studi penelitian akhir - akhir ini menyatakan bahwa pada individu yang mengkonsumsi asam lemak ini pada diet mereka mempunyai pikiran yang jauh lebih tajam. Penelitian yang diterbitkan di International Journal of Cancer menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 yang yang mengandung DHA dan EPA membantu melindungi terhadap terjadinya kanker payudara.
Selain salmon, dari data-data yang telah dikeluarkan oleh Lembaga Gizi Departeman Kesehatan RI, beberapa jenis ikan laut Indonesia memiliki kandungan/kadar asam lemak omega-3 tinggi (ada yang sampai 10,9 g/100 g) seperti ikan lemuru, Sidhat, terubuk (Tenualosa toli), tenggiri (Scomberomorus), kembung (Rastrelliger), layang (Decapterus), bawal (Bramidae), seren (Cyclocheilichthys apogon), slengseng/selikur (Scomber australasicus), dan tuna (Thunnus - Scombridae).  



Ikan Slengseng/Selikur (Scomber australasicus)
 Namun, perlu diingat, asam lemak ini mudah menguap bila ikan dimasak dengan cara digoreng atau dibakar. Cara terbaik yang dianjurkan adalah dengan ditim, karena asam lemaknya tidak hilang. Beberapa tips untuk variasi menu makanan Anda dengan salmon :

1. Sandwich
Buatlah sandwich isi salmon, dibadingkan dengan tuna, campurkanlah dengan mayonaise, mustard, tomat, wortel potong kecil, selada air dan seledri. Tambahkan yogurt strawberi sebagai pasangan makanan Anda. Jika mau, Anda dapat mengganti roti tawar putih dengan roti gandum.

2. Sup ikan
Masukkan potongan ikan salmon yang sudah direbus ke dalam sup krim brokoli yang Anda buat, tambahkan sedikit potongan brokoli untuk nutrisi ekstra sehingga didapatkan cita rasa yang pas. Selain mudah, makanan ini tidak banyak mengandung lemak dan kalori. Jika mau, Anda dapat memvariasikan makanan ini dengan membuat sup biasa dan dengan campuran sedikit tomat hijau yang sedikit terasa asam manis.

3. Burger salmon
Cincang salmon secukupnya, kombinasikan dengan bayam, bawang bombay, bawang putih yang dicincang halus. Aduk jadi satu dan bentuk bola - bola daging berukuran sedang. Panaskan wajan, masukkan minyak sedikit, masukan bola daging dan gepengkan dengan spatula. Sajikan dengan nasi dari beras merah.
 dr. Intan Airlina Febiliawanti
  http://perempuan.kompas.com/read/xml/2009/10/07/14264582/salmon.bantu.cerdaskan.otak 


KANDUNGAN GIZI & MANFAAT IKAN SIDAT
Penelitian kedokteran moderen menemukan bahwa kandungan vitamin dan mikronutrien dalam ikan sidat sangat tinggi, di antaranya:
1). vitamin B1, 25 kali lipat susu sapi
2). vitamin B2, 5 kali lipat susu sapi
3). vitamin A, 45 kali lipat susu sapi,
4). kandungan zinc (emas otak) 9 kali lipat susu sapi.

1. Mengandung berbagai asam lemak tak jenuh yang tinggi yang tak ada pada hewan lainnya, sehingga dapat merupakan makanan utama yang memenuhi nafsu makan manusia, tanpa perlu kuatir badan akan menjadi gemuk. Rasa ikan sidat harum dan enak.

2. Disebut sebagai “ginseng air”, fungsinya dalam memperpanjang umur dan melawan kelemahan dan penuaan tak ternilai. Sidat memiliki kandungan nutrisi protein, karbohidrat, serta omega 3 yang tinggi. Sehingga menguatkan fungsi otak dan memperlambat terjadinya kepikunan. Ikan sidat mempunyai kandungan asam lemak Omega 3 tinggi, yakni sekitar 10,9 gram per 100 gram. Omega 3 ini dipercaya mampu meningkatkan fungsi mental, memori, dan konsentrasi manusia. Zat yang banyak terdapat dalam lemak sidat ini juga terbukti mampu mengobati depresi, gejala penyakit kejiwaan atau schizophrenia. Mengkonsumsi ikan sidat dapat mengatur imunitas tubuh manusia, sebagai anti oksidan, menghilankan racun tubuh, serta memperlambat penuaan.

3. Teknologi menemukan bahwa daya hidup ikan sidat yang ajaib bersumber dari tulang sum-sumnya yang besar dan kuat. Penelitian modern menunjukkan bahwa tulang sum-sum ikan sidat mengadung beratus-ratus jenis zat bergizi, gizi dan nilai farmakologinya yang istimewa telah mendapat perhatian yang luas dari para pakar.

4. Sudah banyak terbukti, mengkonsumsi ikan sidat secara teratur dapat mendorong terbentuknya lemak fosfat dan perkembangan otak besar, bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Juga memperbaiki sikulasi kapiler, mempertahankan tekanan darah normal, mengobati pembuluh darah otak.

5. Banyak orang merasakan manfaat mengkonsumsi ikan sidat untuk penyakit rabun jauh, rabun dekat, glukoma dan penyakit mata kering di sebabkan karena mata terlalu lelah.

6. Minyak Ikan sidat dibuat dari ekstrak sum-sum ikan sidat segar, mengandung tiga jenis nutrient penting yaitu: asam lemak omega 3 (DHA & EPA) , Phospholipids dan antioksidan Vitamin E.

(Dari berbagai sumber).


http://peperonity.com/go/sites/mview/ikansidat/32767754
http://unagiii.blogspot.com/2011/04/kandungan-gizi-manfaat-ikan-sidat_29.html





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar